Dialogue

Vocabulary

Learn New Words FAST with this Lesson’s Vocab Review List

Get this lesson’s key vocab, their translations and pronunciations. Sign up for your Free Lifetime Account Now and get 7 Days of Premium Access including this feature.

Or sign up using Facebook
Already a Member?

Lesson Transcript

Halo semua, saya Fira.
Setiap tahunnya di sekitar awal Februari, etnis Tionghoa di Indonesia merayakan Imlek. Perayaan Imlek sarat dengan tradisi. Akan tetapi inti perayaannya adalah berdoa agar tahun yang datang membawa nasib baik yang berlimpah . Lama perayaan adalah 15 hari dan berakhir di hari ke-15 dengan Cap Go Meh.
Dalam video kali ini, kita akan melihat bagaimana Imlek dirayakan di Indonesia.
Warna merah identik dengan Imlek. Tahukah Anda warna-warna yang tidak diperbolehkan selama Imlek?
Saya akan memberi tahu Anda jawabannya di akhir pelajaran ini.
Salah satu tradisi menjelang Imlek adalah membersihkan rumah dengan sempurna yang berarti membuang kesialan tahun lalu. Pintu dan jendela dicat ulang , lalu ditempeli dengan kertas bertuliskan karakter Cina “Fu” yang berarti “keberuntungan" . Baju baru yang berwarna merah dan sepatu baru sudah disiapkan untuk dikenakan pada hari Imlek. Rambut pun sudah dipotong. Semua ini untuk membuang kesialan. Patung dewa dan dewi dimandikan dengan air dan bunga 7 rupa yang bermakna menangkal keburukan.
Di malam tahun baru, pintu dan jendela rumah dibuka agar keberuntungan masuk. Semua lampu dinyalakan agar kehidupan terang sepanjang tahun. Bisa juga doa didoakan di klenteng bersama keluarga. Klenteng-klenteng dihiasi lampion. Kertas merah berisi doa digantung di langit-langit klenteng. Di Semarang, Jawa Tengah, perayaan Imlek di Klenteng Sam Poo Kong ramai luar biasa . Bukan orang Tionghoa saja, tetapi wisatawan juga datang berbondong-bondong untuk menyaksikan rangkaian upacara. Segala jenis pedagang makanan pun berdatangan, menawarkan jajanan khas Semarang, seperti wedang ronde, tahu gimbal, dan lumpia .
Perayaan Imlek penuh dengan simbol dan makna. Pertunjukkan liong dan barongsai yang identik dengan Imlek bermakna kebahagiaan dan keberuntungan. Jumlah makanan yang disajikan selama Imlek juga merupakan lambang 12 shio, yaitu harus terdiri dari 12 macam masakan dan 12 macam kue. Beberapa makanan yang lazim adalah Siu Mie yang melambangkan panjang umur dan kemakmuran, lapis legit yang melambangkan rejeki berlapis-lapis , ikan melambangkan rejeki yang berlebih . Makan bubur dilarang karena melambangkan kemiskinan.
Singkawang, Kalimantan Barat, merayakan Imlek hari ke-15 dengan mengadakan parade tatung, yaitu orang yang menjadi perantara roh. Dalam perayaan itu, tatung yang dalam keadaan trans akan menusuk dirinya dengan benda tajam . Singkawang adalah satu-satunya di dunia yang masih menjalankan tradisi Cina tua ini.
Nah, sekarang saya beri tahu jawabannya ya.
Warna merah identik dengan Imlek. Tahukah Anda warna-warna yang tidak diperbolehkan selama Imlek?
Warna merah selain mendatangkan perasaan gembira dan optimis, juga dipercaya akan menakut-nakuti roh jahat. Akan tetapi, hitam dan putih dihindari karena hitam adalah pembawa nasib buruk, sedangkan warna putih adalah warna kematian.
Bagaimana, apa Anda bisa menemukan hal baru yang menarik?
Apakah perayaan Imlek di daerah asal Anda sama dengan di Indonesia?
Silakan tinggalkan komentar Anda di www.IndonesianPod101.com. Sampai jumpa di pelajaran berikutnya.

1 Comment

Hide
Please to leave a comment.
😄 😞 😳 😁 😒 😎 😠 😆 😅 😜 😉 😭 😇 😴 😮 😈 ❤️️ 👍
Sorry, please keep your comment under 800 characters. Got a complicated question? Try asking your teacher using My Teacher Messenger.

IndonesianPod101.comVerified
Friday at 6:30 pm
Your comment is awaiting moderation.

Apakah perayaan Imlek di daerah asal Anda sama dengan di Indonesia?

Is the celebration of Chinese New Year in your country the same as it is in Indonesia?