Dialogue

Vocabulary

Learn New Words FAST with this Lessonโ€™s Vocab Review List

Get this lessonโ€™s key vocab, their translations and pronunciations. Sign up for your Free Lifetime Account Now and get 7 Days of Premium Access including this feature.

Or sign up using Facebook
Already a Member?

Lesson Transcript

Halo semua, saya Fira.
Hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April memperingati sumbangan RA Kartini dalam kesetaraan kesempatan antara pria dan wanita di era modern ini, terutama dalam hal pendidikan. Di masanya, perempuan Jawa tidak bersekolah. Sementara menurut Kartini, ibu rumah tangga mengemban peran yang besar dalam mendidik dan mengurus keluarganya.
Dalam video kali ini, kita akan melihat berbagai bentuk peringatan Hari Kartini.
Buah pikiran Kartini mengenai bangsa Indonesia tertuang dalam sebuah buku. Apa judul buku itu?
Saya akan memberi tahu Anda jawabannya di akhir pelajaran ini.
Kartini adalah seorang putri bupati Rembang, Jawa Tengah. Ia berasal dari keluarga bangsawan yang terdidik dan ia menguasai bahasa Belanda. Kartini gemar membaca. Abangnya yang bersekolah di luar negeri kerap mengiriminya jurnal dan majalah asing. Dari sinilah, Kartini mengetahui bahwa di luar tanah Jawa, perempuan mendapat kesempatan yang sama dengan pria, khususnya dalam hal mengecap pendidikan. Menurut tradisi Jawa, perempuan yang sudah akil balik harus dipingit dan bersiap-siap untuk dilamar oleh pria yang dijodohkan oleh orang tuanya. Kartini, yang juga mengalami pingitan, merintis sekolah khusus perempuan yang mengajari perempuan baca tulis dan keterampilan praktis.
Peringatan Kartini biasa dimeriahkan dengan melakukan hal-hal tradisional yang mulai ditinggalkan di era modern ini. Lomba-lomba permainan tradisional seperti bakiak dan dakon dihadirkan dengan tujuan membangkitkan kembali permainan tradisional. Pakaian tradisional kebaya menjadi pakaian wajib pada hari Kartini. Di Rembang, kota kelahiran Kartini, salon-salon kecantikan dan tempat penyewaan kebaya kebanjiran order. Para pengguna jasa rias harus rela mengantri sejak jam 3 subuh. Konsumennya pun bervariasi, mulai dari pegawai kantor hingga murid-murid TK dan SD.
Kegiatan lain yang biasa memarakkan peringatan Hari Kartini adalah lomba masak memasak yang biasa digelar oleh kelompok-kelompok wanita. Ibu-ibu dan remaja putri berlomba untuk membuat kreasi masakan yang paling lezat untuk keluarga. Selain itu, populer juga lomba peragaan busana tradisional yang faktor kemenangannya ditentukan oleh keotentikan dan keluwesan sang pengena kebaya tersebut. Perlu diingat, kebaya yang otentik dikenakan dengan kain panjang yang sempit sehingga perlu keahlian untuk tidak sampai terjungkal sewaktu berjalan.
Emansipasi wanita di zamannya dikenal oleh RA Kartini melalui buku-buku dan jurnal yang dikirim abangnya RPM Sosrokartono dari Eropa. Abang nya yang menguasai 26 bahasa ini mengecap pendidikan tinggi di Leiden Belanda, lalu bekerja sebagai wartawan dan hidup di Eropa.
Nah, sekarang saya beri tahu jawabannya ya.
Buah pikiran Kartini mengenai bangsa Indonesia tertuang dalam sebuah buku. Apa judul buku itu?
Surat-surat Kartini kepada sahabat penanya di Belanda dikumpulkan oleh J.H. Abendanon dan diterbitkan dalam sebuah buku yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang.
Bagaimana, apa Anda bisa menemukan hal baru yang menarik?
Apakah di negara Anda perempuan selalu bisa memperoleh pendidikan?
Silakan tinggalkan komentar Anda di IndonesianPod101.com. Sampai jumpa di pelajaran berikutnya.

1 Comment

Hide
Please to leave a comment.
๐Ÿ˜„ ๐Ÿ˜ž ๐Ÿ˜ณ ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜’ ๐Ÿ˜Ž ๐Ÿ˜  ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜… ๐Ÿ˜œ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜ญ ๐Ÿ˜‡ ๐Ÿ˜ด ๐Ÿ˜ฎ ๐Ÿ˜ˆ โค๏ธ๏ธ ๐Ÿ‘
Sorry, please keep your comment under 800 characters. Got a complicated question? Try asking your teacher using My Teacher Messenger.
Sorry, please keep your comment under 800 characters.

IndonesianPod101.com
Friday at 6:30 pm
Your comment is awaiting moderation.

Apakah di negara Anda perempuan selalu bisa memperoleh pendidikan?

Have women in your country always been able to receive an education?