Dialogue

Vocabulary

Learn New Words FAST with this Lesson’s Vocab Review List

Get this lesson’s key vocab, their translations and pronunciations. Sign up for your Free Lifetime Account Now and get 7 Days of Premium Access including this feature.

Or sign up using Facebook
Already a Member?

Lesson Transcript

Halo semua, saya Fira.
Hari Is'ra Mi'raj adalah salah satu hari besar umat Islam yang diperingati setiap tanggal 27 Rajab. Is'ra Mi'raj adalah perjalanan Nabi Muhammad naik bouraq ke surga untuk menerima perintah dari Allah agar umat Islam menunaikan sholat lima waktu sehari semalam.
Dalam video kali ini, kita akan melihat cara-cara setempat memperingati Is'ra Mi'raj.
Berapa kali pada awalnya Allah minta manusia untuk sholat?
Saya akan memberi tahu Anda jawabannya di akhir pelajaran ini.
Di Gorontalo, Sulawesi Utara, peringatan Isra’ Mi’raj yang disebut Mi'raji sudah dilakukan sejak abad ke 14, ketika Islam pertama kali masuk ke Gorontalo. Kala itu, Mi’raji diperingati dengan ceramah tentang perjalanan Muhammad. Di masa penjajahan , tradisi ini mendapat tentangan dari Belanda. Mendengarkan ceramah lalu diubah menjadi mendendangkan sejarah perjalanan Muhammad dalam bahasa Gorontalo dan menuliskannya dalam huruf arab tanpa baris (arab pegon). Hingga kini, tradisi ini masih dipertahankan dan menjadi kekhasan Gorontalo.
Di Cirebon dikenal tradisi Rajaban, yaitu pembacaan babad Isra Mi'raj yang dilakukan di Langgar Alit Keraton Kanoman. Acara ini diikuti oleh keluarga keraton, abdi dalem dan warga sekitar. Prosesi dimulai dengan iringan pembawaan 4 buah lampu minyak dan bantal beserta kitab sejarah Is'ra Mi’raj yang ditulis dalam tulisan Arab Pegon berbahasa Jawa. Properti itu dibawa oleh seorang abdi dalem yang mengenakan pakaian adat berasal dari daerah Gegesik Kabupaten Cirebon. Pembacaan dipimpin oleh Sultan Kanoman sendiri.
Peringatan tradisional serupa ditemukan di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang disebut Ngaji Kayat. Ribuan masyarakat berduyun-duyun datang ke masjid untuk mendengar pembacaan sejarah perjalanan Muhammad. Pada malam itu pula, dilakukan acara mencukur rambut bayi berusia nol sampai 1 tahun yang disebut ngurisan dengan harapan mendapat berkat. Ngaji Kayat kerap dilakukan karena masih banyak awam yang tidak bisa membacanya. Kitab tentang Is'ra Mi'raj tersebut ditulis dalam bahasa Arab Melayu yang lalu diterjemahkan ke dalam bahasa Sasak, Lombok.
Bouraq digambarkan oleh Muhammad sebagai binatang berwarna putih, berukuran lebih besar dari keledai tetapi lebih kecil dari bagal . Dalam penggambaran nya, seringkali bouraq berbentuk seperti kuda putih bersayap dengan wajah wanita.
Nah, sekarang saya beri tahu jawabannya ya.
Berapa kali pada awalnya Allah minta manusia untuk sholat?
Pada awalnya, Allah menginginkan manusia untuk menunaikan sholat 50 kali sehari semalam. Akan tetapi, Muhammad berulang-ulang pergi dan pulang ke surga, mohon agar kewajiban ini dikurangi, sehingga akhirnya kewajiban tersebut menjadi 5 kali sehari semalam.
Bagaimana, apa Anda bisa menemukan hal baru yang menarik?
Apakah Anda bisa membayangkan hewan bouraq itu?
Silakan tinggalkan komentar Anda di IndonesianPod101.com. Sampai jumpa di pelajaran berikutnya.

1 Comment

Hide
Please to leave a comment.
😄 😞 😳 😁 😒 😎 😠 😆 😅 😜 😉 😭 😇 😴 😮 😈 ❤️️ 👍
Sorry, please keep your comment under 800 characters. Got a complicated question? Try asking your teacher using My Teacher Messenger.
Sorry, please keep your comment under 800 characters.

IndonesianPod101.com
Friday at 6:30 pm
Your comment is awaiting moderation.

Apakah Anda bisa membayangkan hewan bouraq itu?

Can you imagine what a buraq looks like?