Dialogue

Vocabulary

Learn New Words FAST with this Lessonโ€™s Vocab Review List

Get this lessonโ€™s key vocab, their translations and pronunciations. Sign up for your Free Lifetime Account Now and get 7 Days of Premium Access including this feature.

Or sign up using Facebook
Already a Member?

Lesson Transcript

Halo semua, saya Fira.
Nyepi adalah perayaan menyambut Tahun Baru Saka oleh umat Hindu di Bali yang jatuh pada tanggal 1 Saka. Berbeda dengan perayaan Tahun Baru Masehi yang hingar bingar dengan suara terompet, umat Hindu di Bali menyambut Tahun Baru Saka dengan penyerahan total ke hadirat Hyang Widhi , serta berdoa semoga kehidupan di masa yang akan datang senantiasa dalam petunjuk Hyang Widhi.
Dalam video kali ini, kita akan mengetahui apa saja yang dilakukan umat Hindu Bali saat Nyepi.
Tahukan Anda nama aliran Hinduisme yang dianut di Bali?
Saya akan memberi tahu Anda jawabannya di akhir pelajaran ini.
Dua tiga hari sebelum Nyepi, umat Hindu di Bali melakukan upacara Melasti. Seluruh perlengkapan doa yang ada di Pura diarak ke tempat yang mengalirkan air seperti laut, danau, dan sungai untuk dicuci. Makna ritual ini adalah membersihkan dan menyucikan diri manusia dan semesta dari segala kotoran. Upacara ini diikuti dengan Upacara Tawur, yaitu mengembalikan sari alam yang telah dipakai manusia dengan memberi persembahan tertentu sambil membaca mantra-mantra .
Di hari Nyepi, umat Hindu melakukan kekang penyepian, yaitu tidak boleh menyalakan api; tidak melakukan kegiatan jasmani , tidak boleh bepergian, dan tidak boleh bersenang-senang. Selain itu, mereka mengekang diri dari hawa nafsu, haus dan lapar; menjaga keheningan dengan tidak bicara, dan memusatkan pikiran pada Hyang Widhi dengan bersemedi selama 24 jam. Selama 24 jam ini pula, pulau Bali akan gelap gulita dan sunyi senyap.
Keesokan harinya adalah Ngembak Geni, atau bebas menyalakan api. Umat Hindu kini boleh melepaskan kekang penyepian dan berdharma santi, yaitu bermaaf-maafan kepada setiap orang, serta bergembira ria sebagai ungkapan puji sukur kepada Hyang Widhi bahwa mereka telah berhasil melaksanakan rangkaian hari raya Nyepi dengan selamat. Di Sesetan Bali, Ngembak Geni dirayakan dengan Omed-omedan, yaitu tradisi muda-mudi saling berpelukan dan berciuman sebagai ungkapan sukacita.
Pada hari Nyepi, kekang penyepian tidak hanya berlaku bagi umat Hindu, tetapi semua orang yang berada di Bali, termasuk wisatawan . Pada hari itu, akses masuk dan keluar Bali ditutup. Lingkup pergerakan wisatawan pun terbatas hanya di sekitar hotel.
Nah, sekarang saya beri tahu jawabannya ya.
Tahukan Anda nama aliran Hinduisme yang dianut di Bali?
Jawabannya, Hindu Dharma. Walaupun berakar pada Hinduisme yang berasal dari India, Nyepi adalah perayaan yang hanya dilakukan oleh umat Hindu Dharma, suatu aliran yang berkembang di Bali.
Bagaimana, apa Anda bisa menemukan hal baru yang menarik?
Apakah Anda pernah mengalami Nyepi di Bali? Bagaimana pengalaman Anda?
Silakan tinggalkan komentar Anda di IndonesianPod101.com. Sampai jumpa di pelajaran berikutnya.

1 Comment

Hide
Please to leave a comment.
๐Ÿ˜„ ๐Ÿ˜ž ๐Ÿ˜ณ ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜’ ๐Ÿ˜Ž ๐Ÿ˜  ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜… ๐Ÿ˜œ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜ญ ๐Ÿ˜‡ ๐Ÿ˜ด ๐Ÿ˜ฎ ๐Ÿ˜ˆ โค๏ธ๏ธ ๐Ÿ‘
Sorry, please keep your comment under 800 characters. Got a complicated question? Try asking your teacher using My Teacher Messenger.
Sorry, please keep your comment under 800 characters.

IndonesianPod101.com
Friday at 6:30 pm
Your comment is awaiting moderation.

Apakah Anda pernah mengalami Nyepi di Bali? Bagaimana pengalaman Anda?

Have you ever experienced Nyepi in Bali? How was your experience?