Dialogue

Vocabulary

Learn New Words FAST with this Lessonโ€™s Vocab Review List

Get this lessonโ€™s key vocab, their translations and pronunciations. Sign up for your Free Lifetime Account Now and get 7 Days of Premium Access including this feature.

Or sign up using Facebook
Already a Member?

Lesson Transcript

Halo semua, saya Fira.
Hari libur nasional Tahun Baru Islam menandai pergantian tahun Hijriyah, penanggalan umat Islam yang didasarkan pada rotasi bulan. Pada sistem Kalender Hijriah, hari yang baru dimulai ketika terbenam nya matahari di tempat tersebut.
Dalam video kali ini, kita akan melihat ritual-ritual yang kerap dilakukan di daerah di Indonesia.
Dalam kalender Islam, ada berapa hari dalam setahun dan ada berapa hari dalam sebulan?
Saya akan memberi tahu Anda jawabannya di akhir pelajaran ini.
Ritual tahunan di Solo untuk menyambut pergantian tahun baru ini disebut Kirab 1 Sura. Dalam parade ini, masyarakat menyaksikan benda-benda pusaka Kasunan Surakarta diarak. Mengenakan pakaian adat, para abdi dalem mengikuti dengan iringan kerbau bule keramat yang menurut kepercayaan adalah keturunan Kyai Slamet, salah satu abdi dalem pendahulu. Masyarakat yang menonton akan berebut untuk menyentuh kerbau-kerbau ini karena dipercaya menyentuhnya akan mendatangkan keberuntungan.
Di Yogyakarta, pergantian tahun baru dirayakan di Pantai Baron, pesisir pantai selatan. Pantai yang dikelilingi bukit kapur dan berpanorama indah ini merupakan salah satu tujuan wisata Yogyakarta. Di malam menjelang 1 Suro, masyarakat menggelar Upacara Sedekah Laut, yaitu ungkapan rasa syukur masyarakat dengan cara melarung berbagai hasil pertanian ke tengah laut. Aneka sesaji seperti buah-buahan dan sayuran dan kue tradisional, potongan kepala kerbau atau kambing dihanyutkan ke tengah laut dengan harapan agar diberi keselamatan saat menangkap ikan di laut.
Di beberapa daerah lain di Indonesia, malam 1 Muharam dijelang dengan pawai obor yang digelar oleh ratusan warga Muslim dari berbagai kalangan , santri , pelajar dan masyarakat umum, bahkan anak-anak. Dalam ritual tahunan ini, masyarakat melakukan doa bersama yang dilanjutkan dengan berjalan kaki sambil membawa obor dengan diiringi musik Islami dan tari-tarian daerah.
Dari tadi saya menyebut 1 Suro dan 1 Muharam, tetapi artinya sama saja. Suro, ditulis Sura, adalah sebutan dalam Bahasa Jawa untuk Muharam. Kata Muharam sendiri berasal dari Bahasa Arab.
Nah, sekarang saya beri tahu jawabannya ya.
Dalam kalender Islam, ada berapa hari dalam setahun dan ada berapa hari dalam sebulan?
Dalam kalender Islam, ada 354 atau 355 hari dalam setahun, dan ada 29 atau 30 hari dalam sebulan. 1 tahun Hijriyah lebih pendek kira-kira 11 hari dibandingkan dengan 1 tahun Masehi.
Bagaimana, apa Anda bisa menemukan hal baru yang menarik?
Apakah Anda setuju dengan adanya perayaan Tahun Baru Islam?
Silakan tinggalkan komentar Anda di IndonesianPod101.com. Sampai jumpa di pelajaran berikutnya.

1 Comment

Hide
Please to leave a comment.
๐Ÿ˜„ ๐Ÿ˜ž ๐Ÿ˜ณ ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜’ ๐Ÿ˜Ž ๐Ÿ˜  ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜… ๐Ÿ˜œ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜ญ ๐Ÿ˜‡ ๐Ÿ˜ด ๐Ÿ˜ฎ ๐Ÿ˜ˆ โค๏ธ๏ธ ๐Ÿ‘
Sorry, please keep your comment under 800 characters. Got a complicated question? Try asking your teacher using My Teacher Messenger.
Sorry, please keep your comment under 800 characters.

IndonesianPod101.com
Friday at 6:30 pm
Your comment is awaiting moderation.

Apakah Anda setuju dengan adanya perayaan Tahun Baru Islam?

Do you agree with the existence of the of Islamic New Year celebration?