Dialogue

Vocabulary

Learn New Words FAST with this Lessonโ€™s Vocab Review List

Get this lessonโ€™s key vocab, their translations and pronunciations. Sign up for your Free Lifetime Account Now and get 7 Days of Premium Access including this feature.

Or sign up using Facebook
Already a Member?

Lesson Transcript

Halo semua, saya Fira.
Maulid Nabi Muhammad adalah hari besar bagi umat Islam untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW. Walaupun benar tidaknya perayaan maulid ini masih menjadi perdebatan , peringatan ini masih terus diadakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Peringatan Maulid di Indonesia sendiri menjadi tradisi yang berakulturasi dengan budaya setempat .
Dalam video kali ini, kita akan membicarakan tentang berbagai tradisi peringatan maulid di nusantara.
Tahukah Anda tanggal berapa Nabi Muhammad SAW lahir?
Saya akan memberi tahu Anda jawabannya di akhir pelajaran ini.
Di Kalimantan Selatan, puji syukur atas kelahiran Nabi Muhammad SAW diungkapkan dalam bentuk ritual membaca doa dan syair-syair Islam sembari mengayun anak dalam ayunan. Tradisi yang disebut Baayun ini berakar dari adat suku Dayak yang intinya mendoakan anak agar jika sudah besar nanti menjadi orang yang sehat, berbakti kepada orang tua, serta dapat mengikuti teladan Nabi Muhammad SAW. Ayunannya terbuat dari kain yang dihiasi janur, kue, uang logam dan aneka buah.
Sekaten adalah perayaan menyambut Maulid khas Jawa yang berawal sejak zaman kerajaan Demak, kerajaan Islam pertama di Jawa. Di Solo, Sekaten dimulai seminggu sebelum hari Maulid dengan membunyikan gamelan pusaka di bangsal Masjid Agung. Gamelan ini dimainkan sejak pagi hingga petang selama 7 hari dan hanya berhenti di waktu sholat. Pada hari Maulid, dua tumpeng raksasa yang sudah didoakan akan diarak keluar dari keraton. Pengunjung yang berasal dari daerah sekitar Solo akan berebut mengambil nasi dan buah-buahan dari tumpeng tersebut agar mendapat berkah.
Di Cikoang, Sulawesi Selatan, tradisi Maulid yang disebut Maudu Lompoa dirayakan dengan menghias kapal nelayan yang biasanya dipakai untuk menangkap ikan. Pada hari Maulid, penduduk Cikoang mengenakan pakaian tradisional berbaris sambil membawa julung -julung yang berisi telur hias , ayam, beras setengah matang, beras ketan, mukena , kain khas Sulawesi serta aksesoris lainnya. Julung-julung ini diletakkan di dalam perahu dan dihiasi kain warna-warni. Perahu-perahu yang cantik itu kini bebas dinikmati penduduk dan nantinya telur-telur dan seluruh isi julung diperebutkan oleh warga.
Perayaan maulid Nabi pertama kali dilakukan pada abad ke-13 yang lamanya satu bulan. Ribuan orang saat itu berkumpul di satu tempat untuk mengadakan pesta besar-besaran yang disertai bagi-bagi hadiah . Sekarang, perayaannya lebih sederhana , merujuk pada nasihat Nabi untuk tidak memestakan hari lahir seseorang.
Nah, sekarang saya beri tahu jawabannya ya.
Tahukah Anda tanggal berapa Nabi Muhammad SAW lahir?
Maulid adalah peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad yang dirayakan setiap tanggal 12 Rabiul Awal tahun Hijriyah. Akan tetapi, pada tanggal berapa tepatnya Nabi Muhammad lahir masih menjadi perdebatan.
Bagaimana, apa Anda bisa menemukan hal baru yang menarik?
Bagaimana tradisi Maulid lain yang pernah Anda kenal?
Silakan tinggalkan komentar Anda di IndonesianPod101.com. Sampai jumpa di pelajaran berikutnya.

1 Comment

Hide
Please to leave a comment.
๐Ÿ˜„ ๐Ÿ˜ž ๐Ÿ˜ณ ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜’ ๐Ÿ˜Ž ๐Ÿ˜  ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜… ๐Ÿ˜œ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜ญ ๐Ÿ˜‡ ๐Ÿ˜ด ๐Ÿ˜ฎ ๐Ÿ˜ˆ โค๏ธ๏ธ ๐Ÿ‘
Sorry, please keep your comment under 800 characters. Got a complicated question? Try asking your teacher using My Teacher Messenger.
Sorry, please keep your comment under 800 characters.

IndonesianPod101.com
Friday at 6:30 pm
Your comment is awaiting moderation.

Bagaimana tradisi Maulid lain yang pernah Anda kenal?

Do you know about any other Mawlid traditions?