Dialogue

Vocabulary

Learn New Words FAST with this Lessonโ€™s Vocab Review List

Get this lessonโ€™s key vocab, their translations and pronunciations. Sign up for your Free Lifetime Account Now and get 7 Days of Premium Access including this feature.

Or sign up using Facebook
Already a Member?

Lesson Transcript

Halo semua, saya Fira.
Bulan Ramadan adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di Indonesia. Dalam bulan ini, umat Muslim berpuasa sebulan penuh, menahan lapar dan haus, hawa nafsu dan godaan selama 30 hari sebelum mencapai kemenangan di hari Idul Fitri.
Dalam video kali ini, kita akan membicarakan tradisi apa saja yang dilakukan orang Indonesia selama bulan puasa.
Tahukah Anda waktu untuk mulai berpuasa dan berhenti berpuasa dalam sehari?
Saya akan memberi tahu Anda jawabannya di akhir pelajaran ini.
Kebiasaan yang hanya muncul di bulan Ramadan adalah membangunkan orang waktu subuh untuk makan sebelum berpuasa, atau pendeknya sahur . Orang-orang akan berjalan ramai-ramai sambil memukul kentongan keliling perumahan untuk membangunkan warga dan meneriakkan "Sahur, sahur!" Di kota besar, kebiasaan ini diganti berbicara melalui pengeras suara yang ada mesjid-mesjid.
Mengikuti nasihat nabi untuk berbuka dengan yang manis, jajanan tradisional menjadi sajian yang populer selama bulan Ramadan. Pasar dan supermarket ramai-ramai menjual penganan ini. Terbuat dari tepung beras, gula merah, dan santan, dipadu dengan pisang, ubi atau kacang-kacangan, jajanan tradisional memiliki rasa yang manis gurih. Bentuknya beragam dan warnanya bermacam-macam, mulai dari merah muda sampai hitam. Aromanya manis, yang berasal dari daun pandan. Jajanan tradisional ini menjadikan Ramadan dekat di hati semua orang Indonesia, baik Muslim maupun non-Muslim.
Bukber, atau buka bersama. Kata ini muncul sejak ada tradisi berbuka puasa bersama. Buka bersama biasanya diadakan bukan dengan keluarga, tapi dengan teman sekantor, teman satu sekolah, teman satu kampus, atau teman sepermainan. Mirip seperti reuni, acara ini menjadi ajang kumpul-kumpul teman yang sudah lama tidak bertemu. Bukber bisa dilakukan di rumah makan atau di rumah seseorang. Kalau diadakan di rumah, bukber bisa diteruskan dengan ibadah tarawih.
Ada 2 aliran Islam yang besar yang hidup di Indonesia yang memiliki perbedaan kriteria dalam perhitungan astronomis menentukan posisi bulan. Perbedaan perhitungan ini bisa menghasilkan perbedaan kapan jatuhnya di kalender Masehi hari pertama bulan Ramadan itu.
Nah, sekarang saya beri tahu jawabannya ya.
Tahukah Anda waktu untuk mulai berpuasa dan berhenti berpuasa dalam sehari?
Jawabannya, orang mulai berpuasa sebelum matahari terbit dan begitu matahari terbenam di waktu setempat . Jadi bagi orang yang sedang berpuasa di daerah subtropis yang sedang mengalami musim panas, waktu puasanya bisa menjadi lebih panjang daripada orang yang tinggal di daerah tropis.
Bagaimana, apa Anda bisa menemukan hal baru yang menarik?
Apakah negara Anda juga memiliki tradisi berpuasa?
Silakan tinggalkan komentar Anda di www.IndonesianPod101.com. Sampai jumpa di pelajaran berikutnya.

1 Comment

Hide
Please to leave a comment.
๐Ÿ˜„ ๐Ÿ˜ž ๐Ÿ˜ณ ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜’ ๐Ÿ˜Ž ๐Ÿ˜  ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜… ๐Ÿ˜œ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜ญ ๐Ÿ˜‡ ๐Ÿ˜ด ๐Ÿ˜ฎ ๐Ÿ˜ˆ โค๏ธ๏ธ ๐Ÿ‘
Sorry, please keep your comment under 800 characters. Got a complicated question? Try asking your teacher using My Teacher Messenger.

IndonesianPod101.comVerified
Friday at 6:30 pm
Your comment is awaiting moderation.

Apakah negara Anda juga memiliki tradisi berpuasa?

Does your country also have a tradition of fasting?