Dialogue

Vocabulary

Learn New Words FAST with this Lessonโ€™s Vocab Review List

Get this lessonโ€™s key vocab, their translations and pronunciations. Sign up for your Free Lifetime Account Now and get 7 Days of Premium Access including this feature.

Or sign up using Facebook
Already a Member?

Lesson Transcript

Halo semua, saya Fira.
Galungan adalah salah satu peristiwa keagamaan terbesar umat Hindu di Bali. Galungan yang dirayakan tanggal 15 setiap purnama merayakan kemenangan kebenaran atas kejahatan. Walaupun bukan merupakan hari libur nasional, pada saat ini, sekolah, kantor pemerintah dan layanan jasa di Bali tutup selama 3 hari.
Dalam video kali ini, kita akan melihat secara singkat perayaan Galungan.
Apakah Anda tahu arti kata Galungan? Kapan Galungan bermula?
Saya akan memberi tahu Anda jawabannya di akhir pelajaran ini.
Galungan diawali dengan persiapan spiritual beberapa hari sebelumnya. 3 hari sebelum Galungan, dipercayai bahwa roh jahat datang untuk merasuki jiwa yang tidak tertutup. Untuk itu, masyarakat Bali melaksanakan panyekeban yang dilambangkan dengan menutup buah-buahan, terutama pisang yang masih hijau, dalam pot tanah liat. Hari berikutnya, adalah hari membuat jajanan Galungan dan sehari sebelum Galungan adalah hari pembuangan kemalasan dari manusia yang dilambangkan dengan memotong babi.
Setelah 3 hari menyucikan diri, pada hari Galungan, masyarakat Bali merayakan kemenangan atas godaan dan roh jahat. Keluarga akan berkumpul dan mengadakan upacara dalam Pura keluarga yang kemudian dilanjutkan dengan upacara di Pura desa. Tidak lupa, buah-buahan dan jajanan yang sudah disiapkan sebelumnya, dijunjung untuk dipersembahkan di Pura.
Keesokan harinya disebut Manis Galungan. Pada hari ini, semua orang bersuka cita dan merayakan Galungan dengan saling mengunjungi keluarga atau berjalan-jalan ke pantai. Berenang di laut merupakan salah satu lambang untuk membersihkan tubuh dan jiwa dari roh jahat.
Galungan dirayakan setiap 210 hari sekali menurut kalender Pakuwon. Oleh karena itu, tidak jarang pula umat Hindu di Bali merayakan Galungan dua kali dalam satu tahun Masehi.
Nah, sekarang saya beri tahu jawabannya ya.
Apakah Anda tahu arti kata Galungan? Kapan Galungan bermula?
Kata Galungan berakar dari bahasa Jawa kuno yang berarti menang atau bertarung. Upacara Galungan sendiri diperkirakan bermula pada tahun 804 Saka. Pada saat ini, keadaan pulau Bali bagaikan Indra Loka atau surga.
Bagaimana, apa Anda bisa menemukan hal baru yang menarik?
Apakah Anda pernah mendengar tentang Galungan sebelumnya?
Silakan tinggalkan komentar Anda di IndonesianPod101.com. Selamat tinggal.

1 Comment

Hide
Please to leave a comment.
๐Ÿ˜„ ๐Ÿ˜ž ๐Ÿ˜ณ ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜’ ๐Ÿ˜Ž ๐Ÿ˜  ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜… ๐Ÿ˜œ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜ญ ๐Ÿ˜‡ ๐Ÿ˜ด ๐Ÿ˜ฎ ๐Ÿ˜ˆ โค๏ธ๏ธ ๐Ÿ‘
Sorry, please keep your comment under 800 characters. Got a complicated question? Try asking your teacher using My Teacher Messenger.
Sorry, please keep your comment under 800 characters.

IndonesianPod101.com
Friday at 6:30 pm
Your comment is awaiting moderation.

Apakah Anda pernah mendengar tentang Galungan sebelumnya?

Had you ever heard about Galungan before?