Dialogue

Vocabulary

Learn New Words FAST with this Lessonโ€™s Vocab Review List

Get this lessonโ€™s key vocab, their translations and pronunciations. Sign up for your Free Lifetime Account Now and get 7 Days of Premium Access including this feature.

Or sign up using Facebook
Already a Member?

Lesson Transcript

Halo semua, saya Fira.
Festival Danau Toba adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh masyarakat Suku Batak penghuni daerah sekitar danau Toba provinsi Sumatra Utara. Banyak masyarakat Suku Batak yang merantau jauh ke daerah lain, bahkan ke pulau lain di Indonesia. Festival Danau Toba diselenggarakan sebagai bentuk perayaan tradisi Suku Batak dan juga sebagai acara bagi para perantau untuk pulang kampung untuk berkumpul bersama keluarga.
Dalam video kali ini, kita akan melihat apa saja kegiatan dalam festival ini.
Danau Toba adalah danau vulkanik terbesar di dunia. Anda tahu seberapa besar?
Saya akan memberi tahu Anda jawabannya di akhir pelajaran ini.
Festival berpusat di Tuk-tuk, kota tua yang berada di pulau Samosir. Biasanya festival terdiri dari 3 acara utama yaitu pertunjukan seni, budaya, dan olahraga. Pertunjukan seni ditandai dengan festival gondang, alat musik perkusi tradisional dimainkan selama semalam suntuk selama beberapa hari diiringi tarian tradisional Tortor.
Pertunjukan budaya berupa pameran ulos. Ulos adalah kain tenun tradisional yang digunakan dalam setiap upacara adat suku Batak Toba. Sekarang kain ulos mulai digunakan juga sebagai bahan dasar pakaian sehariโ€“hari. Pada festival ini, cara menenun dan hasil tenunan ulos serta corak-corak terbaru diperkenalkan.
Acara olahraga khas festival Danau Toba adalah balap perahu tradisional (yang dikenal dengan nama solung), paragliding dan renang masal. Renang masal Danau Toba mengelilingi Pulau Samosir adalah acara yang terunik. Renang massal ini diikuti oleh ratusan peserta dari kalangan umum juga atlit internasional. Lintasan renang dibagi dalam sepuluh tahap dengan total jarak sekitar 120 km yang ditempuh secara estafet selama tiga hari.
Letusan yang menyebabkan terbentuknya Danau Toba terjadi kurang lebih 73.000 tahun lalu dan merupakan bencana alam yang mengubah wajah dunia, serta mempengaruhi penyebaran populasi dunia. Letusannya menyebabkan menurunnya suhu secara drastis di daerah subtropis. Danau Toba sendiri adalah gunung berapi yang diperkirakan meletus dalam ribuan tahun mendatang.
Nah, sekarang saya beri tahu jawabannya ya.
Danau Toba adalah danau vulkanik terbesar di dunia. Anda tahu seberapa besar?
Panjang Danau Toba mencapai 100 kilometer dengan lebar 30 kilometer dan kedalaman mencapai 505 meter pada titik terdalam. Luas permukaannya mencapai 1.130 km2 dengan volume air mencapai 240 km3.
Bagaimana, apa Anda bisa menemukan hal baru yang menarik?
Apakah Anda tertarik mencoba berenang di Danau Toba?
Silakan tinggalkan komentar Anda di IndonesianPod101.com. Sampai jumpa di pelajaran berikutnya.

1 Comment

Hide
Please to leave a comment.
๐Ÿ˜„ ๐Ÿ˜ž ๐Ÿ˜ณ ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜’ ๐Ÿ˜Ž ๐Ÿ˜  ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜… ๐Ÿ˜œ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜ญ ๐Ÿ˜‡ ๐Ÿ˜ด ๐Ÿ˜ฎ ๐Ÿ˜ˆ โค๏ธ๏ธ ๐Ÿ‘
Sorry, please keep your comment under 800 characters. Got a complicated question? Try asking your teacher using My Teacher Messenger.
Sorry, please keep your comment under 800 characters.

IndonesianPod101.com
Friday at 6:30 pm
Your comment is awaiting moderation.

Apakah Anda tertarik mencoba berenang di Danau Toba?

Would you like to try to swim in Lake Toba?