Dialogue

Vocabulary

Learn New Words FAST with this Lessonโ€™s Vocab Review List

Get this lessonโ€™s key vocab, their translations and pronunciations. Sign up for your Free Lifetime Account Now and get 7 Days of Premium Access including this feature.

Or sign up using Facebook
Already a Member?

Lesson Transcript

Halo semua, saya Fira.
Tanggal 2 Oktober 2013 adalah Hari Batik Nasional. Pemerintah melalui Sekretaris Kabinet pun mengingatkan masyarakat di seluruh Tanah Air untuk mengenakan batik pada hari tersebut. Perintah wajib memakai baju batik, sebagaimana diberitakan laman resmi pemerintah juga dilayangkan kepada pegawai negeri, BUMN, dan para gubernur dan walikota.
Kali ini kita akan melihat beberapa festival batik di Indonesia.
Apakah Anda tahu asal muasal dan arti kata batik?
Saya akan memberi tahu Anda jawabannya di akhir pelajaran ini.
Peringatan Hari Batik masih terbilang baru, ditetapkan oleh Presiden pada tahun 2009. Ketetapan ini dibuat begitu UNESCO resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia. Penetapan Hari Batik Nasional sebagai usaha pemerintah untuk meningkatkan martabat bangsa Indonesiaย  dan citra positif di forum internasional, serta untuk menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan Indonesia.
Berbagai festival batik sudah menjadi program tahunan bagi beberapa propinsi. Salah satu yang terkenal adalah Festival Batik Solo yang berupa parade batik di jalan utama kota itu. Kegiatan yang dimulai sejak tahun 2008 ini diikuti oleh kurang lebih 250an model dadakan yang berpawai sejauh 4,2 km mengenakan berbagai kreasi batik. Motif batik tidak hanya digambar di atas kain, tetapi juga di terpal, jaring, kertas, keping CD, gelas plastik, balon, hingga bulu ayam.
Batik adalah teknik pewarnaan tekstil dengan menggunakan bahan perintang malam. Kebanyakan malam diperoleh dari ekskresi tumbuh-tumbuhan, berupa damar atau resin. Sumber hewani untuk malam berasal dari sarang tawon dan lebah. Satu-satunya batik yang berasal dari Pulau Sumatera adalah Batik Minangkabau yang teknik pewarnaannya menggunakan tanah liat. Kain mula-mula direndam selama seminggu dengan tanah liat, kemudian dicuci dan diberi pewarna alami lainnya yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.
Batik Pekalongan kini telah tercatat di buku rekor Guinness sebagai Batik Terbesar. Batik terbesar ini dibuat di atas kain sepanjang 1000 meter dan dikerjakan oleh 1000 orang pembatik di atas jalan raya utama kota Pekalongan.
Nah, sekarang saya beri tahu jawabannya ya.
Apakah Anda tahu arti kata batik?
Kata batik berasal dari kata bahasa Jawa amba yang berarti menulis dan titik yang berarti titik. Dengan kata lain, membatik adalah menulis rangkaian titik yang membentuk motif yang indah.
Bagaimana, apa Anda bisa menemukan hal baru yang menarik?
Apakah Anda pernah mengenakan kain atau pakaian dari batik?
Silakan tinggalkan komentar Anda di IndonesianPod101.com. Sampai jumpa di pelajaran berikutnya.

1 Comment

Hide
Please to leave a comment.
๐Ÿ˜„ ๐Ÿ˜ž ๐Ÿ˜ณ ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜’ ๐Ÿ˜Ž ๐Ÿ˜  ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜… ๐Ÿ˜œ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜ญ ๐Ÿ˜‡ ๐Ÿ˜ด ๐Ÿ˜ฎ ๐Ÿ˜ˆ โค๏ธ๏ธ ๐Ÿ‘
Sorry, please keep your comment under 800 characters. Got a complicated question? Try asking your teacher using My Teacher Messenger.
Sorry, please keep your comment under 800 characters.

IndonesianPod101.com
Friday at 6:30 pm
Your comment is awaiting moderation.

Apakah Anda pernah mengenakan kain atau pakaian dari batik?

Have you ever worn or used batik fabric?