Dialogue

Vocabulary

Learn New Words FAST with this Lessonโ€™s Vocab Review List

Get this lessonโ€™s key vocab, their translations and pronunciations. Sign up for your Free Lifetime Account Now and get 7 Days of Premium Access including this feature.

Or sign up using Facebook
Already a Member?

Lesson Transcript

Halo semua, saya Fira.
Perayaan Natal atau hari kelahiran Yesus Kristus dirayakan hampir di seluruh bagian dunia tanggal 25 Desember, begitu pula Indonesia. Tradisi pasang pohon Natal, menghias rumah, ziarah ke makam leluhur, saling mengunjungi keluarga adalah tradisi yang dilakukan semua umat Kristen di semua daerah di Indonesia.
Dalam video kali ini, kita akan melihat penyambutan Natal secara besar-besaran di propinsi dengan mayoritas penduduk beragama Kristen.
Berapa persen dari populasi Indonesia yang merayakan Natal?
Saya akan memberi tahu Anda jawabannya di akhir pelajaran ini.
Selama bulan Desember, Pemerintah Kota Manado, Sulawesi Utara mengadakan safari Natal. Selama safari Natal, mereka mengunjungi ibadah di kota-kota yang berbeda untuk bersilahturahmi dengan masyarakat. Sebagai persiapan menjelang Natal, warga Manado juga melakukan pawai kota dan melakukan tradisi menjenguk kuburan keluarga. Kuburan keluarga dibersihkan dan dihias dengan lampu Natal. Kemeriahan Natal ini berakhir pada minggu pertama Januari dengan tradisi Kunci Taon, yaitu pawai keliling kampung dengan mengenakan kostum-kostum lucu atau mengangkat tema sosial tertentu.
Di Sulawesi Selatan, di tanah Toraja, pemerintah daerahnya mengadakan Lovely December, sebuah festival budaya dan pariwisata tahunan . Acara dimulai sejak awal Desember ditandai oleh pemotongan kerbau belang. Dalam rangkaian festival terdapat pula karnaval, bazar Natal, kontes kerbau, pentas seni , pameran kerajinan tangan , dan pameran kuliner. Festival ini mencapai puncaknya pada tanggal 26 Desember dengan arak-arakan yang disebut lettoan. Lettoan adalah kontes mengarak babi dengan simbol-simbol budaya Suku Toraja.
Di Kampung Tugu, sebuah area yang terletak di Jakarta, penduduk setempat melakukan Rabo-rabo, yaitu tradisi warisan keturunan tentara Portugis yang menetap di Jakarta. Tidak persis di hari Natal, melainkan tepat di awal tahun, penduduk akan berkunjung ke rumah-rumah sambil menyanyikan lagu-lagu dengan irama kroncong . Lagu-lagu yang dibawakan adalah lagu-lagu Natal. Yang unik, orang yang baru dikunjungi akan ikut berkunjung sambil bernyanyi ke rumah orang yang berikutnya.
Mengirim hantaran merupakan tradisi orang Indonesia di saat mengadakan perayaan. Di waktu Idul Fitri, umat Islam biasa mengirim hantaran berupa ketupat kepada tetangga. Di waktu Natal, umat Kristen akan mengirim hantaran balasan yang berupa kue-kue kering .
Nah, sekarang saya beri tahu jawabannya ya.
Berapa persen dari populasi Indonesia yang merayakan Natal?
Jawabannya hampir 10 persen populasi Indonesia beragama Kristen. Jadi hanya beberapa tempat saja yang melakukan perayaan besar-besaran.
Bagaimana, apa Anda bisa menemukan hal baru yang menarik?
Bagaimana tradisi merayakan Natal di tempat Anda berasal?
Silakan tinggalkan komentar Anda di IndonesianPod101.com. Sampai jumpa di pelajaran berikutnya.

1 Comment

Hide
Please to leave a comment.
๐Ÿ˜„ ๐Ÿ˜ž ๐Ÿ˜ณ ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜’ ๐Ÿ˜Ž ๐Ÿ˜  ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜… ๐Ÿ˜œ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜ญ ๐Ÿ˜‡ ๐Ÿ˜ด ๐Ÿ˜ฎ ๐Ÿ˜ˆ โค๏ธ๏ธ ๐Ÿ‘
Sorry, please keep your comment under 800 characters. Got a complicated question? Try asking your teacher using My Teacher Messenger.
Sorry, please keep your comment under 800 characters.

IndonesianPod101.com
Friday at 6:30 pm
Your comment is awaiting moderation.

Bagaimana tradisi merayakan Natal di tempat Anda berasal?

What traditions are part of the Christmas celebrations in your country?