Dialogue

Vocabulary

Learn New Words FAST with this Lessonโ€™s Vocab Review List

Get this lessonโ€™s key vocab, their translations and pronunciations. Sign up for your Free Lifetime Account Now and get 7 Days of Premium Access including this feature.

Or sign up using Facebook
Already a Member?

Lesson Transcript

Halo semua, saya Fira.
Hari Pahlawan di Indonesia diperingati setiap tanggal 10 November. Hal ini untuk mengenang tewasnya 16.000 orang Indonesia dan 2000 orang tentara Inggris dalam pertempuran berdarah selama 3 minggu sebagai perlawanan bangsa Indonesia terhadap usaha Inggris mengembalikan Indonesia kepada Belanda.
Kali ini, kita akan melihat tradisi peringatan hari kenegaraan ini.
Mengapa tentara Inggris berada di Indonesia pada saat ini?
Saya akan memberi tahu Anda jawabannya di akhir pelajaran ini.
Setiap tanggal 10 November, setiap rumah di Indonesia mengibarkan bendera merah putih setengah tiang. Segenap anggota masyarakat melakukan haul pahlawan nasional dan mengheningkan cipta selama 60 detik secara serentak pada pukul 08.15 waktu setempat. Presiden Indonesia memimpin ziarah nasional di kompleks Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, yang diikuti oleh acara tabur bunga. Pada hari ini juga, Presiden mengumumkan penganugerahan gelar Pahlawan Nasional di Istana Negara.
Di Makassar, Sulawesi Selatan, peringatan dilakukan di atas geladak kapal perang TNI angkatan laut KRI Kerapu. 7 mil dari dermaga Layang LANTAMAL VI, usai upacara dilakukan pelarungan karangan bunga oleh peserta yang terdiri dari ketiga angkatan TNI dan Polri.
Di Solo, Jawa Tengah, Hari Pahlawan diperingati meriah. Kereta uap bersejarah Sepur Kluthuk Jala Dara yang dinaiki warga tua muda mengenakan kostum ala pejuang kemerdekaan berkeliling kota Solo. Tak hanya itu, Jalan Slamet Riyadi menjadi pusat perayaan dengan dibentangkannya bendera merah putih raksasa berukuran 4x6 meter. Peringatan yang jatuhnya bertepatan dengan hari bebas kendaraan itu memungkinkan acara mengheningkan cipta dan upacara dilakukan di tengah jalan utama kota Solo tersebut.
Pertempuran 10 November 1945 dipicu oleh tewasnya Brigadier Mallaby yang sesungguhnya merupakan kecelakaan yang bisa dihindari. Akan tetapi, pemerintah Inggris bereaksi di luar dugaan dengan mengirim 24.000 tentara untuk menguasai Indonesia. Pertempuran Surabaya diakui Inggris sebagai perang terberat setelah Perang Dunia II ditandai degan lenyapnya 2 orang jenderal, 3 pesawat perang Inggris dan ribuan tentara Inggris.
Nah, sekarang saya beri tahu jawabannya ya.
Mengapa tentara Inggris berada di Indonesia pada saat ini?
Setelah kalah perang, Jepang harus keluar dari negara yang sedang didudukinya, termasuk Indonesia. Tentara Inggris kemudian datang ke Indonesia untuk melucuti tentara Jepang, membebaskan tawanan perang Jepang, memulangkan tentara Jepang, dan pada akhirnya mengembalikan kekuasaan atas Indonesia ke Belanda.
Bagaimana, apa Anda bisa menemukan hal baru yang menarik?
Bagaimana sejarah Hari Pahlawan di negara Anda?
Silakan tinggalkan komentar Anda di IndonesianPod101.com.
Sampai jumpa di pelajaran berikutnya.

1 Comment

Hide
Please to leave a comment.
๐Ÿ˜„ ๐Ÿ˜ž ๐Ÿ˜ณ ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜’ ๐Ÿ˜Ž ๐Ÿ˜  ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜… ๐Ÿ˜œ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜ญ ๐Ÿ˜‡ ๐Ÿ˜ด ๐Ÿ˜ฎ ๐Ÿ˜ˆ โค๏ธ๏ธ ๐Ÿ‘
Sorry, please keep your comment under 800 characters. Got a complicated question? Try asking your teacher using My Teacher Messenger.
Sorry, please keep your comment under 800 characters.

IndonesianPod101.com
Friday at 6:30 pm
Your comment is awaiting moderation.

Bagaimana sejarah Hari Pahlawan di negara Anda?

What is the history of Heroes' Day in your country?