Dialogue

Vocabulary

Learn New Words FAST with this Lessonโ€™s Vocab Review List

Get this lessonโ€™s key vocab, their translations and pronunciations. Sign up for your Free Lifetime Account Now and get 7 Days of Premium Access including this feature.

Or sign up using Facebook
Already a Member?

Lesson Transcript

Halo semua, saya Fira.
Hari Wafatnya Isa Almasih adalah hari besar umat Kristen untuk mengenang kematian Yesus di kayu salib . Umat Kristen Protestan sendiri menyebut hari ini sebagai Jumat Agung. Umat Katolik menyebut ini sebagai Trihari Suci yang berpuncak pada perayaan Paskah, yaitu hari kebangkitan Yesus setelah 3 hari berada di alam kematian.
Kali ini kita akan melihat satu kekhasan peringatan Wafatnya Isa Almasih di Indonesia.
Kapan dan di mana penyebaran agama Kristen dimulai di Indonesia?
Saya akan memberi tahu Anda jawabannya di akhir pelajaran ini.
Hari ini diperingati baik oleh umat Protestan dan Katolik selayaknya peringatan Jumat Agung di belahan dunia lainnya. Ritualnya meliputi ibadah di gereja selama 3 hari berturut-turut . Penggambaran derita Yesus dihayati kembali melalui prosesi Jalan Salib . Di hari Paskah, umat menghadiri ibadah subuh untuk memperingati kuburan yang kosong karena Yesus sudah bangkit.
Larantuka di Flores Timur memiliki tradisi Trihari Suci unik yang disebut Semana Santa. Merupakan tradisi satu-satunya di Indonesia, perayaannya menarik umat dari pulau-pulau sekitar pulau Flores hingga Australia, juga wisatawan. Pada hari Jumat Agung, Larantuka dipenuhi ribuan umat berpakaian dan berkerudung hitam. Ribuan umat ini mengarak patung-patung lambang Yesus dan Bunda Maria ke perhentian demi perhentian. Selama mengarak, umat menaikkan lagu-lagu Gregorian.
Ritual ini sudah berusia 5 abad, diawali dengan ditemukannya sebuah patung wanita di pantai. Di sisinya tertera tulisan yang kala itu tidak bisa dipahami maknanya. Patung yang kemudian disebut Tuan Ma ini dipuja masyarakat setempat untuk memohon berkat. Seabad berikutnya, misionaris Portugis datang dan menemukan bahwa tulisan yang tak dikenal itu berbunyi Reinha Rosario Maria. Misionaris itu pun mengenali wajah patung Tuan Ma sebagai wajah Bunda Maria, ibu Yesus. Tahun 1650, raja Larantuka dibaptis dan menyerahkan kerajaan Larantuka kepada Bunda Maria.
Bagi umat Kristen, Hari Kebangkitan Isa Almasih merupakan peringatan yang terbesar , melebihi hari Wafatnya Isa Almasih. Akan tetapi, hari peringatan ini tidak dicantumkan di dalam kalender Indonesia.
Nah, sekarang saya beri tahu jawabannya ya.
Kapan dan di mana penyebaran agama Kristen dimulai di Indonesia?
Agama Kristen sebenarnya sudah meninggalkan jejak di Pulau Sumatera pada abad ke-7 Masehi. Akan tetapi, penyebaran yang berkelanjutan dimulai di abad ke-16 oleh misionaris Portugis di Maluku, yang kemudian menyebar ke Pulau Flores dan Timor. Selain untuk misi keagamaan, bangsa Portugis datang ke Indonesia untuk berdagang rempah-rempah.
Bagaimana, apa Anda bisa menemukan hal baru yang menarik?
Apakah Anda pernah menyaksikan ibadah Trihari Suci di Indonesia?
Silakan tinggalkan komentar Anda di IndonesianPod101.com. Sampai jumpa di pelajaran berikutnya.

1 Comment

Hide
Please to leave a comment.
๐Ÿ˜„ ๐Ÿ˜ž ๐Ÿ˜ณ ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜’ ๐Ÿ˜Ž ๐Ÿ˜  ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜… ๐Ÿ˜œ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜ญ ๐Ÿ˜‡ ๐Ÿ˜ด ๐Ÿ˜ฎ ๐Ÿ˜ˆ โค๏ธ๏ธ ๐Ÿ‘
Sorry, please keep your comment under 800 characters. Got a complicated question? Try asking your teacher using My Teacher Messenger.
Sorry, please keep your comment under 800 characters.

IndonesianPod101.com
Friday at 6:30 pm
Your comment is awaiting moderation.

Apakah Anda pernah menyaksikan ibadah Trihari Suci di Indonesia?

Have you ever witnessed Easter Triduum mass in Indonesia?