Dialogue

Vocabulary

Learn New Words FAST with this Lessonโ€™s Vocab Review List

Get this lessonโ€™s key vocab, their translations and pronunciations. Sign up for your Free Lifetime Account Now and get 7 Days of Premium Access including this feature.

Or sign up using Facebook
Already a Member?

Lesson Transcript

Halo semua, saya Fira.
Hari Idul Adha adalah salah satu perayaan yang paling dinanti oleh umat Muslim di seluruh dunia. Pada hari ini, orang-orang beragama Islam yang sudah berkecukupan diwajibkan berkurban dan berbagi dengan umat yang kurang beruntung. Hari Idul Adha dikenal juga dengan sebutan Lebaran Haji.
Dalam video kali ini, kita akan melihat bagaimana bentuk peringatannya.
Mengapa di Indonesia Hari Idul Adha juga disebut sebagai Lebaran Haji?
Saya akan memberi tahu Anda jawabannya di akhir pelajaran ini.
Ketika Idul Adha tiba, seluruh umat muslim (terutama yang mampu) wajib memberikan kurban . Satu orang wajib mempersembahkan satu ekor kambing atau satu ekor sapi per tujuh orang. Biasanya, hewan-hewan kurban yang telah disembelih ini akan dibagi-bagikan kepada fakir miskin , anak yatim, atau mereka yang dianggap kekurangan secara ekonomi.
Selain persembahan kurban, sebagian masyarakat juga melangsungkan tradisi lokal. Bagi orang Betawi, Idul Adha tidak lengkap tanpa membuat dan menikmati dodol betawi. Camilan yang terbuat dari ketan, santan dan gula merah ini memiliki rasa manis legit dan merupakan hidangan wajib dalam perayaan Idul Fitri dan Idul Adha. Pembuatannya makan waktu cukup lama sehingga menjadi tontonan menarik bagi banyak orang.
Di Wates, Jawa Timur, sapi-sapi yang akan dikurbankan dirias secantik mungkin sebelum diserahkan ke masjid setempat. Awalnya, sapi-sapi itu dimandikan dengan air kembang, lalu dikalungi hiasan bunga tujuh rupa, dan terakhir diselubungi kain putih, layaknya pengantin . Tradisi yang disebut Manten Sapi ini merupakan bentuk penghormatan warga terhadap hewan yang akan disembelih.
Idul Adha yang juga merupakan ajang silahturahmi dirayakan berbeda di Bone. Alih-alih bersalaman, warga Bone, Sulawesi Selatan, mengadakan Masempe atau baku tendang untuk mempererat persaudaraan.
Nah, sekarang saya beri tahu jawabannya ya.
Mengapa di Indonesia Hari Idul Adha juga disebut sebagai Lebaran Haji?
Hari Idul Adha adalah puncak ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Inti dari ibadah Haji adalah wukuf di Arafah, sementara Hari Arafah itu sendiri adalah hari ketika jamaah haji di tanah suci sedang melakukan wukuf di Arafah, sebagaimana sabda Nabi saw.
Bagaimana, apa Anda bisa menemukan hal baru yang menarik?
Apakah Anda pernah menonton proses pemotongan hewan kurban?
Silakan tinggalkan komentar Anda di IndonesianPod101.com. Sampai jumpa di pelajaran berikutnya.

1 Comment

Hide
Please to leave a comment.
๐Ÿ˜„ ๐Ÿ˜ž ๐Ÿ˜ณ ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜’ ๐Ÿ˜Ž ๐Ÿ˜  ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜… ๐Ÿ˜œ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜ญ ๐Ÿ˜‡ ๐Ÿ˜ด ๐Ÿ˜ฎ ๐Ÿ˜ˆ โค๏ธ๏ธ ๐Ÿ‘
Sorry, please keep your comment under 800 characters. Got a complicated question? Try asking your teacher using My Teacher Messenger.
Sorry, please keep your comment under 800 characters.

IndonesianPod101.com
Friday at 6:30 pm
Your comment is awaiting moderation.

Apakah Anda pernah menonton proses pemotongan hewan kurban?

Have you ever witnessed the slaughtering process of qurban?