Dialogue

Vocabulary

Learn New Words FAST with this Lessonโ€™s Vocab Review List

Get this lessonโ€™s key vocab, their translations and pronunciations. Sign up for your Free Lifetime Account Now and get 7 Days of Premium Access including this feature.

Or sign up using Facebook
Already a Member?

Lesson Transcript

Halo semua, saya Fira.
Hari Kemerdekaan Republik Indonesia jatuh pada tanggal 17 Agustus di hari Soekarno dan Hatta menandatangani dan membacakan naskah proklamasi kemerdekaan pada tahun 1945. Naskah tersebut berisi pernyataan bahwa pulau-pulau yang berada dalam wilayah Nusantara menyatukan diri sebagai satu negara yang berdaulat dan dengan demikian menolak kolonisasi Belanda.
Mari kita lihat kemeriahan perayaannya.
Apakah Anda tahu sebutan yang lebih populer untuk Hari Kemerdekaan Republik Indonesia?
Saya akan memberi tahu Anda jawabannya di akhir pelajaran ini.
Hari Kemerdekaan biasanya diisi dengan diselenggarakannya lomba permainan tradisional di desa dan kota seluruh nusantara. Kegiatan semacam ini diharapkan bisa menjalin persatuan dan memupuk persaudaraan. Permainan yang paling populer adalah panjat pinang . Orang berebut memanjat batang pinang yang sudah dilumuri oli untuk mengambil hadiah yang ditaruh di pucuknya . Permainan mengundang tawa karena peserta biasanya jatuh tergelincir menimpa peserta di bawahnya.
Sejenis dengan panjat pinang, di Pekalongan, Jawa Tengah, tradisinya bukan memanjat pinang, tetapi meniti pinang. Tradisi ini disebut meniti pucang. Batang pinang diletakkan menjulur di atas sungai, lalu orang harus meniti batang itu. Peserta yang meniti paling jauh menang. Permainan ini mengundang tawa karena peserta yang gagal jatuh tercebur ke sungai.
Di Banjar, tradisinya lain lagi. Secara turun temurun, warga menggelar tradisi ngubyag balong atau menangkap ikan dalam kolam . Berbekal jaring , keranjang dan karung , ratusan warga bersiap-siap untuk masuk ke dalam kolam. Sebelum tradisi ngubyag dilakukan, warga dan tokoh masyarakat setempat terlebih dahulu menaikkan doa untuk kebaikan bangsa Indonesia. Setelah itu, mereka masuk ke dalam kolam dan berebut menangkap ikan gratis yang bisa mencapai 1 kuintal.
Permainan menyambut hari kemerdekaan ini bukan hanya diselenggarakan di berbagai penjuru nusantara , tetapi penjuru dunia. Warga Indonesia yang berada di luar negeri juga bisa menikmati kebersamaan seperti di Tanah Air di kedutaan besar negara masing-masing.
Nah, sekarang saya beri tahu jawabannya ya.
Apakah Anda tahu sebutan yang lebih populer untuk Hari Kemerdekaan Republik Indonesia?
Karena hari kemerdekaan Republik Indonesia jatuh pada tanggal 17 Agustus, kita lebih sering menyebut hari ini dengan sebutan 17 Agustusan. Lomba-lomba dan perayaannya disebut tujuh-belasan.
Bagaimana, apa Anda bisa menemukan hal baru yang menarik?
Apakah Anda berani mencoba ikut lomba panjat pinang atau menangkap ikan dalam kolam?
Silakan tinggalkan komentar Anda di IndonesianPod101.com. Sampai jumpa di pelajaran berikutnya.

1 Comment

Hide
Please to leave a comment.
๐Ÿ˜„ ๐Ÿ˜ž ๐Ÿ˜ณ ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜’ ๐Ÿ˜Ž ๐Ÿ˜  ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜… ๐Ÿ˜œ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜ญ ๐Ÿ˜‡ ๐Ÿ˜ด ๐Ÿ˜ฎ ๐Ÿ˜ˆ โค๏ธ๏ธ ๐Ÿ‘
Sorry, please keep your comment under 800 characters. Got a complicated question? Try asking your teacher using My Teacher Messenger.
Sorry, please keep your comment under 800 characters.

IndonesianPod101.com
Friday at 6:30 pm
Your comment is awaiting moderation.

Anda berani mencoba ikut lomba panjat pinang atau menangkap ikan dalam kolam?

Are you daring enough to try climb the slippery pole or catching fish in a pond?