Dialogue

Vocabulary

Learn New Words FAST with this Lessonโ€™s Vocab Review List

Get this lessonโ€™s key vocab, their translations and pronunciations. Sign up for your Free Lifetime Account Now and get 7 Days of Premium Access including this feature.

Or sign up using Facebook
Already a Member?

Lesson Transcript

Halo semua, saya Fira.
Bagi negara berpenduduk Islam terbesar di dunia, hari Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 1 Syawal merupakan hari besar terpopuler di Indonesia. Secara resmi, libur nasional untuk peringatan ini berlangsung 2 hari. Akan tetapi, karena sebagian besar penduduk melakukan tradisi mudik , pada kenyataannya rutinitas mulai berlangsung normal 5 hari kemudian.
Kali ini, mari kita lihat tradisi orang Indonesia saat Idul Fitri.
Apa nama makanan khas yang selalu dihidangkan saat Idul Fitri?
Saya akan memberi tahu Anda jawabannya di akhir pelajaran ini.
Di hari nan fitri ini, setiap Muslim biasanya bangun pagi, lalu menyucikan diri. Mereka berangkat ke masjid atau lapangan mengenakan pakaian terbaik mereka untuk melaksanakan sholat Ied. Sebelum sholat dilaksanakan, umat Islam diwajibkan zakat fitrah . Jamaah yang akan pergi ke masjid biasanya mengumandangkan takbir selama perjalanan mereka. Kumandang takbir terdengar dari corong- corong pengeras suara dan dari mulut setiap Muslim. Setelah sholat, mereka saling berkunjung ke rumah saudara untuk mengucapkan selamat Idul Fitri dan bermaaf-maafan.
Di Yogyakarta, tradisi Idul Fitri dilengkapi dengan Grebeg Syawal, yaitu tradisi berebut hasil-hasil bumi yang dirangkai membentuk gunungan yang diarak keluar dari keraton menuju alun-alun . Gunungan hasil bumi merupakan bentuk sedekah dari sultan kepada rakyatnya. Rakyat pun sangat antusias berebut makanan dari gunungan ini karena percaya akan mendapat berkah.
Di Pontianak, malam menjelang Idul Fitri tidak hanya dimeriahkan oleh takbir dan bedug yang bertalu-talu. Malam takbiran bisa menjadi sangat menakutkan karena suara meriam akan berdentum semalaman. Meriam berukuran jumbo yang terbuat dari batang kayu ini biasa dipasang di tepian sungai Kapuas. Dahulu, meriam ini dinyalakan untuk mengusir kuntilanak , namun sekarang itu dinyalakan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri.
Beberapa hari sebelum dan sesudah Idul Fitri, para perantau yang tinggal dan bekerja di kota besar akan pulang ke kampung halaman masing-masing untuk berlebaran bersama keluarga. Tradisi ini disebut mudik.
Nah, sekarang saya beri tahu jawabannya ya.
Apa nama makanan khas yang selalu dihidangkan saat Idul Fitri?
Makanan khas Idul Fitri adalah ketupat, yaitu beras ketan yang dimasukkan ke dalam kubus kecil yang terbuat dari anyaman janur. Kubus-kubus ini dimasak di dalam santan kelapa sehingga rasanya gurih.
Bagaimana, apa Anda bisa menemukan hal baru yang menarik?
Apakah Anda pernah makan ketupat sebelumnya?
Silakan tinggalkan komentar Anda di IndonesianPod101.com. Sampai jumpa di pelajaran berikutnya.

1 Comment

Hide
Please to leave a comment.
๐Ÿ˜„ ๐Ÿ˜ž ๐Ÿ˜ณ ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜’ ๐Ÿ˜Ž ๐Ÿ˜  ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜… ๐Ÿ˜œ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜ญ ๐Ÿ˜‡ ๐Ÿ˜ด ๐Ÿ˜ฎ ๐Ÿ˜ˆ โค๏ธ๏ธ ๐Ÿ‘
Sorry, please keep your comment under 800 characters. Got a complicated question? Try asking your teacher using My Teacher Messenger.
Sorry, please keep your comment under 800 characters.

IndonesianPod101.com
Friday at 6:30 pm
Your comment is awaiting moderation.

Apakah Anda pernah makan ketupat sebelumnya?

Have you ever tried ketupat before?