Dialogue

Vocabulary

Learn New Words FAST with this Lessonโ€™s Vocab Review List

Get this lessonโ€™s key vocab, their translations and pronunciations. Sign up for your Free Lifetime Account Now and get 7 Days of Premium Access including this feature.

Or sign up using Facebook
Already a Member?

Lesson Transcript

Halo semua, saya Fira.
Tahun Baru yang jatuh pada tanggal 1 Januari adalah hari yang menandai pergantian tahun Masehi di Indonesia. Sama dengan negara-negara lain, Tahun Baru di Indonesia juga dirayakan dengan berbagai cara.
Dalam video kali ini, kita akan mengetahui berbagai cara orang merayakan Tahun Baru di Indonesia.
Tahukah Anda, berapa kali dalam semalam bangsa Indonesia melakukan hitung mundur menjelang tahun yang baru?
Saya akan memberi tahu Anda jawabannya di akhir pelajaran ini.
Di malam menjelang pergantian tahun, orang Indonesia suka keluar dari rumah, memenuhi jalan atau berkumpul di pusat keramaian. Ada juga yang suka berkonvoi. Kemacetan jalan sering tak terelakkan . Di Jakarta, jalan sekitar Bundaran Hotel Indonesia tak lagi bisa dilewati kendaraan karena dipenuhi orang nongkrong . Pantai Ancol juga menjadi tempat favorit untuk menunggu detik pergantian tahun. Di Yogyakarta, Malioboro disukai sebagai tempat nongkrong sambil makan gudeg . Terompet laris manis di malam tahun baru. Begitu tahun berganti, suara terompet pun membahana.
Sebagian masyarakat lainnya juga merayakan pergantian tahun dengan kegiatan spiritual. Mereka berkumpul di rumah bersama keluarga untuk berdoa. Umat kristiani membuka tahun yang baru dengan ibadah di gereja. Pergantian tahun Masehi terutama penting bagi penganut agama Kristen. Sebagian keluarga memiliki kebiasaan untuk berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara, makan dan berdoa bersama saat pergantian tahun. Keesokan harinya, tahun baru dibuka dengan misa atau kebaktian di gereja.
Beragam paket acara tutup tahun juga ditawarkan oleh hotel-hotel atau tempat wisata dengan harga yang cukup merogoh kocek . Tapi keceriaan yang lebih hemat juga bisa ditemukan di lapangan kosong bersama sajian musik dangdut yang dibawakan organ tunggal dan seorang penyanyi wanita. Bersama organ tunggal ini, masyarakat berjoget dangdut sampai pagi hari sambil menikmati penganan khas malam hari semacam gorengan , kopi tubruk, dan wedang jahe yang disediakan para pedagang kaki lima .
Selain Tahun Baru Masehi, negara Indonesia juga memperingati beberapa tahun baru lainnya secara nasional. Hal ini dikarenakan ada beberapa agama yang hidup di Indonesia dan agama-agama tersebut menganut kalender yang berbeda dari kalender Masehi .
Nah, sekarang saya beri tahu jawabannya ya.
Tahukah Anda, berapa kali dalam semalam bangsa Indonesia melakukan hitung mundur menjelang tahun yang baru?
Jawabannya, 3 kali. Indonesia memiliki 3 wilayah waktu yang berbeda. Jakarta, ibukota negara, berada di wilayah waktu yang paling akhir memasuki tahun yang baru.
Bagaimana, apa Anda bisa menemukan hal baru yang menarik?
Bagaimana dengan pergantian tahun di negara Anda, ada yang mirip dengan yang dilakukan orang Indonesia?
Silakan tinggalkan komentar Anda di IndonesianPod101.com. Sampai jumpa di pelajaran berikutnya.

1 Comment

Hide
Please to leave a comment.
๐Ÿ˜„ ๐Ÿ˜ž ๐Ÿ˜ณ ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜’ ๐Ÿ˜Ž ๐Ÿ˜  ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜… ๐Ÿ˜œ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜ญ ๐Ÿ˜‡ ๐Ÿ˜ด ๐Ÿ˜ฎ ๐Ÿ˜ˆ โค๏ธ๏ธ ๐Ÿ‘
Sorry, please keep your comment under 800 characters. Got a complicated question? Try asking your teacher using My Teacher Messenger.
Sorry, please keep your comment under 800 characters.

IndonesianPod101.com
Friday at 6:30 pm
Your comment is awaiting moderation.

Bagaimana dengan pergantian tahun di negara Anda, ada yang mirip dengan yang dilakukan orang Indonesia?

What about the turn of the year in your country? Are there similarities to what is done in Indonesia?