Dialogue

Vocabulary

Learn New Words FAST with this Lessonโ€™s Vocab Review List

Get this lessonโ€™s key vocab, their translations and pronunciations. Sign up for your Free Lifetime Account Now and get 7 Days of Premium Access including this feature.

Or sign up using Facebook
Already a Member?

Lesson Notes

Unlock In-Depth Explanations & Exclusive Takeaways with Printable Lesson Notes

Unlock Lesson Notes and Transcripts for every single lesson. Sign Up for a Free Lifetime Account and Get 7 Days of Premium Access.

Or sign up using Facebook
Already a Member?

Lesson Transcript

Ada apa dengan Cinta (AADC) (2002)
Perfilman Indonesia di tahun 90an mengalami masa kemunduran. Bisa dikatakan tak ada satu judul film pun waktu itu yang dapat menyedot penonton untuk datang berduyun-duyun ke bioskop. Penyebabnya kompleks, antara lain karena tidak adanya kreativitas baru dari dunia perfilman. Awal tahun 2000 suasana yang sama bertahanโ€ฆ hingga film AADC datang.
AADC bercerita tentang remaja putri SMA bernama Cinta yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo. Dia datang dari keluarga kaya, pintar, cantik dan populer di sekolahnya. Cinta mempunyai kelompok yang terdiri dari lima orang putri dan mereka berjanji untuk setia satu sama lain dan membagi semua permasalahan yang dihadapi. Di sisi lain terdapat Rangga, diperankan oleh Nicolas Saputra, yang berasal dari keluarga kurang mapan. Karena aktivitas politik ayahnya yang bertentangan dengan pemerintah, keluarga Rangga dikucilkan and orangtuanya bercerai. Dia tidak populer di sekolahnya, bahkan satu-satunya temannya adalah penjaga sekolah.Walau demikian Rangga adalah pribadi yang kuat.
Kisah bermula ketika lomba menciptakan puisi digelar di sekolah. Cinta yang adalah pemimpin redaksi majalah sekolah adalah favorit untuk memenangi lomba. Tetapi dia ternyata dikalahkan oleh sosok misterius yang tak lain adalah Rangga. Penasaran dengan sosok Rangga, Cinta mulai menggali cerita tentang dia dengan alasan untuk kepentingan artikel di majalah sekolah. Rasa penasaran Cinta terhadap Rangga segera menjadi pertemanan dan sebelum mereka menyadarinya berkembang menjadi sesuatu yang lebih.
Di sisi lain Cinta mengalami masalah dengan kelompoknya. Alya, salah satu teman baiknya mengalami permasalahan dengan keluarga dan pada saat ini dukungan Cinta sebagai teman sangat diharapkan. Puncak cerita terjadi ketika pada satu hari saat berkencan dengan Rangga, Cinta mengabaikan telpon yang penting dari Alya. Telpon ini ternyata membawa konsekuensi yang fatal tidak saja pada Alya tapi juga pada kepercayaan teman-teman Cinta. Semua lalu bertanya-tanya Ada Apa dengan Cinta?
Secara cerita AADC tidak menawarkan hal yang baru. Film ini bertema percintaan anak sekolah dengan masalah klasik seperti ego, status sosial, pertentangan kelompok dan sejenisnya. Yang membedakan film ini dari film nasional sejenis mungkin adalah eksekusinya yang dilakukan dengan cermat dan artistik, dikemas dengan latar belakang kontemporer Indonesia yang membuat ceritanya enak diikuti dan menarik. Bisa dikatakan film ini membangkitkan perfilman Indonesia setelah tidurnya yang panjang.

1 Comment

Hide
Please to leave a comment.
๐Ÿ˜„ ๐Ÿ˜ž ๐Ÿ˜ณ ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜’ ๐Ÿ˜Ž ๐Ÿ˜  ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜… ๐Ÿ˜œ ๐Ÿ˜‰ ๐Ÿ˜ญ ๐Ÿ˜‡ ๐Ÿ˜ด ๐Ÿ˜ฎ ๐Ÿ˜ˆ โค๏ธ๏ธ ๐Ÿ‘

IndonesianPod101.com Verified
Thursday at 06:30 PM
Pinned Comment
Your comment is awaiting moderation.

Ada apa dengan Cinta (AADC) (2002)

Perfilman Indonesia di tahun 90an mengalami masa kemunduran. Bisa dikatakan tak ada satu judul film pun waktu itu yang dapat menyedot penonton untuk datang berduyun-duyun ke bioskop. Penyebabnya kompleks, antara lain karena tidak adanya kreativitas baru dari dunia perfilman.  Awal tahun 2000 suasana yang sama bertahan… hingga film AADC datang.
AADC bercerita tentang remaja putri SMA bernama Cinta yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo. Dia datang dari keluarga kaya, pintar, cantik dan populer di sekolahnya. Cinta mempunyai kelompok yang terdiri dari lima orang putri dan mereka berjanji untuk setia satu sama lain dan membagi semua permasalahan yang dihadapi. Di sisi lain terdapat Rangga, diperankan oleh Nicolas Saputra, yang berasal dari keluarga kurang mapan. Karena aktivitas politik ayahnya yang bertentangan dengan pemerintah, keluarga Rangga dikucilkan and orangtuanya bercerai.  Dia tidak populer di sekolahnya, bahkan satu-satunya temannya adalah penjaga sekolah.Walau demikian Rangga adalah pribadi yang kuat.
Kisah bermula ketika lomba menciptakan puisi digelar di sekolah. Cinta yang adalah pemimpin redaksi majalah sekolah adalah favorit untuk memenangi lomba. Tetapi dia ternyata dikalahkan oleh sosok misterius yang tak lain adalah Rangga. Penasaran dengan sosok Rangga, Cinta mulai menggali cerita tentang dia dengan alasan untuk kepentingan artikel di majalah sekolah.  Rasa penasaran Cinta terhadap Rangga segera menjadi pertemanan dan sebelum mereka menyadarinya berkembang menjadi sesuatu yang lebih.
Di sisi lain Cinta mengalami masalah dengan kelompoknya. Alya, salah satu teman baiknya mengalami permasalahan dengan keluarga dan pada saat ini dukungan Cinta sebagai teman sangat diharapkan. Puncak cerita terjadi ketika pada satu hari saat berkencan dengan Rangga, Cinta mengabaikan telpon yang penting dari Alya. Telpon ini ternyata membawa konsekuensi yang fatal tidak saja pada Alya tapi juga pada kepercayaan teman-teman Cinta.  Semua lalu bertanya-tanya Ada Apa dengan Cinta?
Secara cerita AADC tidak menawarkan hal yang baru. Film ini bertema percintaan anak sekolah dengan masalah klasik seperti ego, status sosial, pertentangan kelompok dan sejenisnya. Yang membedakan film ini dari film nasional sejenis mungkin adalah eksekusinya yang dilakukan dengan cermat dan artistik, dikemas dengan latar belakang kontemporer Indonesia yang membuat ceritanya enak diikuti dan menarik. Bisa dikatakan film ini membangkitkan perfilman Indonesia setelah tidurnya yang panjang.